Rabu, 12 November 2014

Contoh Surat Resmi Yang Baik & Benar Lengkap

CONTOH SURAT RESMI

 
Contoh Surat Resmi - Dalam aktivitas atau kegiatan yang bersifat resmi, seperti di sekolah ataupun Dinas Pendidikan pastinya sebuah surat resmi bukanlah hal yang asing dan bahkan sering dipergunakan setiap hari. Surat resmi berfungsi sebagai media komunikasi yang memberikan informasi kepada pihak lain yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya secara hukum. Contohnya seperti, surat resmi perusahaan, surat permohonan, surat pemberitahuan, sekolah dan lain sebagainya.

Meskipun penggunaan surat kini sudah jarang digunakan dalam hal pribadi, karena sudah ada pesan singkat melalui ponsel. Namun untuk kegiatan yang bersifat formal, seperti sekolah, kerjasama bisnis antar perusahaan, OSIS, pastinya menggunakan surat resmi karena jika hanya menggunakan pesan singkat ponsel tidak sopan dan tidak professional. Jadi, penggunaan surat resmi lebih diutamakan dalam kegiatan atau aktivitas yang bersifat formal.

Contoh kejadian misalnya, dimana kita harus membuat sebuah surat resmi ketika saat pihak organisasi suatu perusahaan ingin mengundang pertemuan atau rapat dengan beberapa perusahaan lain. Pastinya surat dengan topik tertentu ini akan sangat bermanfaat bagi si penerima surat tersebut untuk mengetahui dan memahami kegiatan apa yang ingin dilakukan. Dan melakukan pertimbangan apakah menerima pertemuan tersebut. Dan berikut ini adalah kumpulan contoh dari surat yang bersifat resmi yang Espilen Blog informasikan untuk Anda.

Adapun Ciri-ciri Surat Resmi adalah sebagai berikut:
  1. Surat menggunakan bahasa yang baku
  2. Terdapat Kop Surat
  3. Tanggal Surat alamat tujuan
  4. Memiliki Nomor Pengarsipan
  5. Hal, yaitu pemberitahuan mengenai isi surat
  6. Harus ditandatangani dan dibubuhi stempel instansi/badan.perusahaan
  7. Terdapat tembusan surat (bila perlu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar